Mhayy Lavigne Sullivan

Tuesday, August 19, 2014

Cara memperbaiki Ecu mesin Genio

Artikel ini ditulis karena Otomotif Qita beberapa kali menemui masalah Ecu yang sama dengan penyebab yang sama pula yaitu kerusakan ecu genio ini disebabkan karena elektrolit dari Capasitor elektrolit keluar oleh faktor umur mobil.
Mesin Honda Genio
Penggantian semua Elco atau capasitor elektrolit yang berjumlah delapan buah (lihat gambar di bawah) mutlak perlu dilakukan jika cairan elektrolit sudah keluar.Di bawah ini adalah gambar ECU honda Genio tempat teradinya kerusakan kalau dilihat secara fisik dan diperhatikan secara seksama kita bisa melihat jalur-jalur pada pcb terlihat korosi yang di sebabkan oleh elektrolit dari Elko atau elektrolit condensator yang keluar atau elko yang meledak.
Ganti elco rusak pada Ecu Genio
Gambar Ecu Genio Setelah DiGanti 8 Elco Yang Rusak
Jika di telusuri dengan ohmmeter kita akan menemukan jalur-jalur yang putus akibat elco yang keluar elektrolitnya dan perbaiki jalur pada pcb yang putus tersebut.
Jalur pcb ecu yang putus ada yang terlihat secara fisik, tetapi ada yang tidak terlihat dan harusmenggunakan Ohmmeter dengan teliti untuk periksa jalur yang putus.
Pada ECU mesin mobil Civic Genio terdapat ada 8 elco, kedelapan elco akibat usia yang sudah lama akan membuat elko rusak, cairan elektrolit keluar merusak jalur-jalur pcb bahkan merusak kaki-kaki komponen elektronika yang terkena elektrolit ini.
Sekali lagi Tips Memperbaiki ECU mesin Honda Genio dengan terlihat kondisi fisik seperti di atas adalah:
1.Mengganti semua Elko dengan ukuran sama baik ukuran farad dan voltase nya
2.Periksa Semua jalur PCB yang terkena Cairan Elektrolit
3.Cek atau periksa kaki-kaki komponen elektronika yang terkena cairan elektrolit
4.Memperbaiki jalur pada Pcb yang putus
Keempat cara di atas kebanyakan menyelesaikan masalah ECU mesin honda genio dan merupakan solusi murah dari pada membeli ECU,semoga bermanfaat dan tidak dianjurkan untuk yang tidak memahami kelistrikan dan elektronika.

No comments:

Post a Comment